Breaking News

Friday, December 28, 2018

KEUTAMAAN-KEUTAMAAN SHALAT


Alhamdulillah, wa shalaatu wa salaamu ‘ala Rosulillah wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in
Shalat adalah ibadah Mahdhah yang syarat dan rukunnya sudah ditentukan. Ibadah shalat bersifat Tauqifiyah. Karenanya, perintah Shalat ada dalam nash Al Quran, adapun gerakan shalat dijelaskan dengan detil dalam As Sunnah Shahihah, tidak ada celah bagi manusia untuk menambah atau menguranginya. Shalat juga menjadi pembeda antara Muslim dan Kafir. Adapun syarat diterima ibadah adalah terbebas dari kesyirikan yaitu beribadah dengan penuh keihlasan, kemudian mengamalkannya sesuai yang Rosulullah contohkan. Sebagaimana bunyi sebuah hadist. “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” 
[HR. Al-Bukhari No. 628, 7246 dan Muslim No. 1533]
Shalat memiliki banyak sekali keutamaan. Diantara keutamaan tersebut, penulis rangkum dalam 11 keutamaan shalat, disertakan juga sumber ayat dan haditsnya:
  1. Shalat Mencegah dari Perbuatan Keji
“Bacalah kitab Al-Quran yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji & munkar. Dan ketahuilah, mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
[QS. Al-Ankabut: 45]
  1. Shalat adalah Sebaik-baik Amal Setelah Syahadatain
“Amalan apakah yang paling dicintai Allah? Rosulullah menjawab: Mengerjakan shalat pada waktunya, kemudian apa? Kemudian berbakti kepada orang tua, kemudian apa? Beliau menjawab: kemudian berjihad dijalan Allah.”
[Shahih, HR. Bukhari No. 527, Muslim No. 58/139]
  1. Shalat Dapat Mencuci dan Membersihkan Kesalahan-kesalahan
“Perumpamaan shalat 5 waktu itu seperti sungai yang mengalir dan penuh air didepan pintu salah seseorang diantara kalian. Dia selalu mandi disungai itu 5x sehari.”
[Shahih, HR. Muslim No. 668]
  1. Shalat Dapat Menghapuskan Dosa-dosa Kecil
“Shalat 5 waktu, dari Jumat ke Jumat berikutnya, dari bulan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya dapat menghapus berbagai kesalahan (dosa kecil) yang terjadi diantara semuanya jika ia menjauhi dosa-dosa besar.”
[Shahih, HR. Muslim No. 233/16]
  1. Shalat Menjadi Cahaya Bagi Pelakunya, Baik di Dunia Maupun di Akhirat
“…. Dan shalat itu adalah cahaya….”
[Shahih, HR. Muslim No. 233, Ahmad V/342-343, Tirmidzi No. 3517, An-Nasai V/5-8, Ibnu Majah No. 280, Ad-Darimi I/167, dan selainnya]
Rosulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda: “Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan kaki ke masjid-masjid dikegelapan malam dengan cahaya (nuur) yang sempurna pada hari kiamat.”
[Shahih, HR. Abu Dawud No. 561, Tirmidzi No. 233]
  1. Dengan Shalat Allah akan Meninggikan Derajat dan Menghapus Kesalahan
“Engkau harus memperbanyak sujud (shalat), sesungguhnya engkau tidak bersujud sekali saja kepada Allah, kecuali dengan sujud itu Allah akan mengangkatmu satu derajat dan menghapuskan satu kesalahan darimu.”
[Shahih, HR . Muslim No. 488/255]
  1. Shalat Menjadi Salah Satu Sebab Masuk Surga Sekaligus Menjadi Teman Nabi Shallallahu ‘alahi wa sallam Didalamnya
“Bantulah aku untuk mengabulkan permintaanmu dengan banyak bersujud.”
[Shahih, HR. Muslim No. 489]
  1. Berjalan Menuju Tempat Shalat (Masjid) Akan Dicatat Baginya Kebaikan-kebaikan , Ditinggikan Beberapa Derajat dan Dihapuskan Kesalahan-kesalahan
“Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian berangkat ke rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salah satu kewajiban yang diperintahkan Allah maka salah satu dari tiap-tiap dua langkahnya akan menghapuskan kesalahan dan yang lainnya akan meninggikan derajat.”
[Shahih, HR. Muslim No. 666]
  1. Akan Disediakan Jamuan Di Surga Setiap Kali Seseorang Muslim Berangkat ke Masjid untuk Menunaikan Shalat Baik Pagi Maupun Sore Hari
“Barang siapa berangkat ke masjid pada pagi/sore hari, maka Allah menyediakan baginya jamuan di surga, setiap kali datang pada pagi/sore hari.” 
[Mutafaq Alaih, HR. Bukhari No. 662, Muslim No. 669]
  1. Pahala Orang yang Berangkat Menunaikan Shalat Sama Seperti Orang yang Berhaji dan Berihram
“Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk mengerjakan shalat wajib maka pahalanya adalah seperti pahala orang yang mennunaikan ibadah haji dan ihram…”
[Shahih, Abu Dawud No. 558]
  1. Barangsiapa Berangkat ke Masjid, Lalu Ia Mendapati Orang-orang Telah Selesai Mengerjakan Shalat Bermaah, Maka Baginya Pahala Orang yang Shalat Berjamaah
“Barangsiapa yang wudhu lalu membaguskan wudhunya, kemudian menuju Masjid tapi ia dapati orang-orang telah shalat, maka Allah memberinya pahala orang yang shalat dan menghadirinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.”
[Shahih, HR. Abu Dawud No.564, An-Nasai No. 11/111]
Adapun Acaman Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat:
  1. Orang yang Menyia-nyiakan Shalat Diancam Mendapat Kerugian & Kejelekan Dihari Kiamat
“Maka datanglah kepada mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka itu akan menemui kesesatan.”
[QS. Maryam: 59]
  1. Orang yang Meninggalkan Shalat Diancam Tidak Bisa Sujud Disaat Manusia Bersujud Dihadapan Allah Dihari Kiamat
“Pada hari betis disingkapkan dan mereka dipanggil untuk bersujud, maka mereka tidak kuasa (dalam keadaan) pandangan mereka tertunduk kebawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesunguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud waktu mereka sehat (tetapi mereka tidak melakukannya).”
[QS. Al-Qalam: 42-43]
  1. Orang yang Menyia-nyiakan Shalat Diancam dengan Mendapat Gelar Sebagai Orang-orang Musyik
“Dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertawaqallah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah”.
[QS. Ar-Ruum: 31]
  1. Orang yang Meninggalkan Shalat Akan Diancam denga Neraka Saqar
“Apakah yang memasukkan kamu kedalam saqar (neraka)? Mereka menjawab: “Kami dahulu (di dunia) tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat”.
[QS. Al-Muddatsir: 42-43]
Orang yang meninggalkan shalat telah berbuat dosa besar yang paling besar, lebih besar dosanya disisi Allah daripada membunuh jiwa, mengambil harta orang lain, lebih besar dosanya dari dosa zina, mencuri dan meminum khamr. Orang yang meninggalkan shalat akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah di dunia dan di akhirat.
[Lihat kitab Ash-Shalaah wa Hukmu Taarikiha (hlm. 29) karya Imam Ibnul Qayyim]
Bahkan orang yang meninggalkan shalat lebih jelek daripada pencuri, pezina, peminum khamr dan penghisap ganja.
[Majmuu’ Fataawaa (XXII/50)]
Wa shallallahu ‘ala nabiyyina muhammad, wa’ala aalihi wa shahbihi wa sallam
Wallahu’alam Bishawab
Silahkan download Buletin Versi PDF disini:

TERORISME BUKAN AJARAN ISLAM

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du Faham radikalisme dapat menyebabkan seorang Muslim menjadi tersesat karenan...

Total Pageviews

Search This Blog

Blog Archive

Contact Form

Name

Email *

Message *

Translate

Pages

Most Trending

Designed By Dedy Sumarhadi